PENGURUS BPI PERIODE 2017 - 2020

Chand Parwez Servia Ketua umum Email: chandparwez@bpi.or.id
Chand Parwez Servia, pengusaha dan produser film sekaligus pemilik rumah produksi PT. Kharisma Starvision Plus. Memulai karir filmnya diusia sangat belia; membantu kakaknya mengelola bioskop di kota kelahiran mereka, Tasikmalaya. Pada tahun 1987 ia mendirikan Film Festival Bandung dan tahun 1989, Chand menghasilkan film pertamanya: Si Kabayan Saba Kota yang menjadi film paling sukses tahun 1989 serta dinobatkan sebagai Film Komedi Terbaik, Festival Film Indonesia 1990. Tahun 2004 hingga 2007 menjadi Ketua Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI). Tahun 2015 Chand Parwez menjadi salah satu pendiri dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI).
Dewi Umaya Wakil ketua umum Email: dewiumaya@bpi.or.id
Telah berkarya di industri perfilman sejak tahun 1992, Dewi Umaya Rachman mulai fokus sebagai Produser film panjang sejak tahun 2008 ketika ia dan timnya di Pic[k]Lock Films memproduksi Minggu Pagi di Victoria Park. Dua film panjang lainnya beredar setelah itu--Rayya: Cahaya di atas Cahaya (2012) dan Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015). Sambil menggawangi beberapa film yang sedang dalam tahap pengembangan, seperti Pacar Merah (working title), The Cat and The Fish (working title) dan Kejar 30 (working title), Dewi Umaya Rachman aktif menjalani peran barunya sebagai Wakil Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) serta tetap berpegang teguh pada hobinya berwisata kuliner dan menonton film Hayao Miyazaki.
Adrian Jonathan Pasaribu Ketua bidang Apresiasi, literasi dan pengarsipan Email: adrianjonathan@bpi.or.id
Salah satu pendiri Cinema Poetica—kolektif kritikus, jurnalis, peneliti, dan pegiat film yang berfokus pada produksi dan distribusi pengetahuan tentang sinema untuk publik. Ia percaya dialektika tidak saja mengatur hajat hidup warga, tapi juga perkara asmara. Dari 2007 sampai 2010, mondar-mandir sebagai pengurus program di Kinoki, bioskop alternatif di Yogyakarta. Sempat terlibat di filmindonesia.or.id sebagai anggota redaksi, Festival Film Solo sebagai kurator, dan Berlinale Talent Campus 2013 sebagai kritikus film. Saat ini aktif menulis dan meneliti tentang perfilman Indonesia, serta mengadakan lokakarya kritik film di berbagai kota.
Alex Sihar Ketua bidang Advokasi kebijakan Email: alexsihar@bpi.or.id
Alex Sihar adalah pendiri dan Direktur Yayasan Konfiden. Sejak 2010 ia menjadi anggota Dewan Kesenian Jakarta dan menjabat sebagai Ketua Komite Film. Pada 2012 bersama Yayasan Konfiden ia turut berpartisipasi dalam restorasi film klasik Indonesia, Lewat Djam Malam karya Usmar Ismail, bekerja sama dengan National Museum of Singapore.
Agung Sentausa Ketua bidang fasilitasi pembiayaan film Email: agungsentausa@bpi.or.id
Seorang pecinta hewan dan lulusan arsitektur yang menyeberang ke dunia film pada tahun 1999. Melewati proses 17 tahun di industri, Agung terlibat dalam banyak produksi film layar lebar, video musik, iklan, dokumenter, lokakarya pembuatan film, dan telah bekerja sama dengan perusahaan besar dan terkemuka di Indonesia, para musisi kelas atas, perusahaan internasional, dan organisasi nasional kelas dunia. Film debutnya, Garasi, diputar di banyak festival film internasional. Road to Ied, sebuah cerita untuk film, ditulis olehnya, memenangkan pitching dengan undangan; dibeli dan direncanakan akan diproduksi oleh 21st Century Fox.
Dimas Jayasrana Ketua bidang festival internasional dan hubungan luar negeri Email: dimasjayasrana@bpi.or.id
Pernah bekerja di ruangrupa sebagai kepala riset dan dokumentasi kemudian menjadi Wakil atase kebudayaan di Institut Prancis di Indonesia – Kedubes Prancis hingga tahun 2015 dan Pengelola konten di Viddsee.com untuk 1 tahun (2015 - 2016). Berpengalaman mengelola proyek seni-budaya termasuk mengelola pertunjukan, berjalan bersamaan dengan keterlibatannya di jejaring komunitas film di Indonesia. sejak 2007 aktif membantu CLC Purbalingga untuk mengelola Festival Film Purbalingga.
Gunawan Paggaru Ketua bidang Organisasi dan jaringan Email: gunawanpaggaru@bpi.or.id
Dikenal sebagai penulis skenario, Tahun 1984 bergabung dalam kelompok Kerja Film Tetaer Populer, kemudian Teguh Karya mempercayainya sebagai editor. Tahun 1990 mendirikan Production House yang dikenal dengan “Kino Lima” dan memproduksi film layar lebar “POTRET” pada FFI 1993 meraih 13 Nominasi. Film Dokumenter pertamanya "Pacu Jalur" masuk Nominasi dalam FFI 1992 juga sebagai pendisain poster terbaik dalam FFI 1993 dan sebagai editor terbaik dalam FSI 1998. Dan sekarang telah menyutradarai 4 film layar lebar, ISSUE, Syahadat Cinta, Mata Pena Mata Hari Raja Ali Haji, dan Danum Penjaga Mata Air. Saat ini sebagai Ketua Bidang Organisasi Persatuan Karyawan Film Indonesia.
H RM. Bagiono Ketua bidang perlindungan dan mediasi Email: rmbagiono@bpi.or.id
Dikenal Sebagai Pemain Sinetron, model iklan dan presenter TV Hallo Dangdut. Menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Universitas Indonesia dan terakhir Universitas Padjajaran. Sehari-hari bekerja sebagai pengacara atau penasehat hukum dengan mendirikan HRM LAW FIRM. Sempat terjun ke dunia politik ditahun 2005 hingga 2007 sebagai Wakil SEKJEN KNPI DKI JAKARTA. Pada tahun 2007 ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta dan tahun 2013 ditunjuk sebagai Ketua Umum GEMA PRABOWO DKI JAKARTA. Perjalanan di organisasi film mulai pada tahun 2010 dengan mendirikan PH Kreatif 7. Pada tahun 2013 dilantik sebagai Sekjen PAFINDO (Paguyuban Artis Film Indonesia) dan pada 2015 diangkat sebagai KETUM PAFINDO yang beralih nama menjadi Perkumpulan Artis Film Indonesia (PAFINDO). Ditahun 2015 mendirikan rumah produksi PT. MULTI CAHAYA DIMENSI.
Leni Lolang Ketua bidang festival dalam negeri dan penghargaan Email: lenilolang@bpi.or.id
Lulusan Sarjana Film Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Berpengalaman sebagai produser dan eksekutif produser puluhan film dokumenter, film pendek dan iklan komersil untuk TV. Film panjang yang ia tangani adalah Jagad kali Code, Ai Lop Yu Pull dan Laura & Marsha. Aktif sebagai Presiden FILARTC serta terlibat sebagai juri di Festival Film Indonesia, Short Film Festival XXI dan Piala Maya. Saat ini Muspita Leni aktif sebagai Dewan Penasehat Ikatan Alumni Fakultas Film dan Televisi IKJ (IKAFI) sekaligus Ketua Ikatan Alumni IKJ (INI IKJ).
Lalu Roisamri Ketua bidang Promosi lokasi Email: laluroisamri@bpi.or.id
Lalu Rois Amri,lulusan Universitas Gajah Mada jurusan Jurnalisme TV (1995-1998) sebelum menlanjutkan studinya di Insitut Kesenian Jakarta, jurusan kajian film. Bergabung dengan Jakarta International Film Festival(Jiffest) sejak edisi pertama pada tahun 1999 sebagai Koordinator Sinema hingga tahun 2011 sebagai Co-director. Mengikuti residensi untuk festival management di Rotterdam Film Festival (2001) and New York Film Festival (2006). Sejak 2011 hingga saat ini, Lalu aktif membantu pemerintah dalam mempromosikan film-film Indonesia dan lokasi suting di pasar internasional, antara lain; Berlin Film Festival (2011), AFCI Locations Trade Show Los Angeles (2012-2013) and Cannes Film Festival (2012-2014, 2017).
Tito Imanda Ketua bidang Penelitian dan pengembangan Email: titoimanda@bpi.or.id
Tito Imanda adalah antropolog dan pembuat film. Tesis masternya di Departemen Media, Culture and Communication, New York University (2007) membahas faktor ekonomi politik industri film Indonesia. Tahun 2008-2013 dia membangun dan mengelola sebuah sekolah film di sebuah universitas di Jakarta. Saat ini dia melewatkan sebagian besar waktunya di Jogja dan London, menyelesaikan program doktor di Departemen Media and Communication, Goldsmiths, University of London. Tesis doktornya berfokus pada kolaborasi pembuatan film dengan kelompok wayang orang di kaki gunung Merapi, sebagai bagian dari pemahaman adaptasi orang panggung ke layar yang terjadi pada era awal kemunculan film di berbagai tempat di dunia.
Tya Subiakto Ketua bidang Informasi dan komunikasi Email: tyasubiakto@bpi.or.id
Tya Sulestyawati Subiakto, adalah salah seorang penata musik film perempuan yang aktif dalam 10 tahun ini. Film Sang Dewi adalah langkah pertama Tya melenggang di perfilman Indonesia. Hingga kini hampir 60 film yang telah ditata musiknya dan kini Tya tercatat sebagai Ketua Umum Indonesia Motion Pictures Audio Association (IMPAct) yang menaungi kalangan Sound Recordist, Penata Suara, dan Penata Musik Film Indonesia.
Celerina Judisari Sistem Pendanaan Email: celerina@bpi.or.id
Lulus dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung sebagai seorang Akuntan dan meneruskan S2 Pemasaran di Universitas Prasetiya Mulya, membuat Celerina memiliki kemampuan holistik dalam berbagai bidang. Sejak 18 tahun lalu hingga kini berkecimpung dalam bidang media dan pengembangan berbagai macam usaha. Ketertarikan pada pembuatan konten untuk konsumsi multiplatform, membawanya kepada Mahaka Pictures yang memproduseri Film pendek Apa itu Islam?, film ? (Tanda Tanya), 2014 (Siapa di Atas Presiden) dan Turis Romantis. Juga turut berinvestasi dalam film Soekarno serta Perahu Kertas. Celerina membangun Mahaka Global Media yang memproduksi konten multi-platform dalam cakupan Internasional. Saat ini berbagai konten visual dan kegiatan sudah dihasilkan atas kerjasama dengan konsorsium Jepang.

ANGGOTA BPI PERIODE 2017 - 2020