Sistem Keuangan

Ketua bidang: Celerina Judisari

Bidang ini bertugas untuk mengatur tata kelola keuangan lembaga, termasuk distribusi keuangan untuk pelaksanaan program-program kerja BPI.

Promosi lokasi

Ketua bidang: Lalu Roisamri

Bidang ini bertugas untuk menumbuhkan potensi Kabupaten dan Kota sebagai lokasi produksi film. Menginisiasi pembentukan Komisi Film di Kabupaten dan Kota serta membantu penataan ulang PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) pembuatan film asing.

Penelitian dan pengembangan

Ketua bidang: Tito Imanda

Bidang ini berusaha mengenali kekuatan film Indonesia dengan melakukan kajian terhadap konten-konten lokal, dengan memaksimalkan keterlibatan potensi daerah, untuk menemukan ciri khas/karakter film Indonesia. Selain itu, bidang ini memetakan cara-cara baru mengkonsumsi (dan memproduksi) film, dengan melakukan kajian terhadap bentuk-bentuk medium baru, untuk menemukan pasar baru film Indonesia.

Perlindungan dan mediasi

Ketua bidang: H. RM. Bagiono

Bidang ini bertugas menjamin kepastian hukum serta menciptakan harmoni dalam perfilman nasional dengan memberikan layanan informasi, perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dan layanan mediasi untuk sengketa perfilman.

Organisasi dan jaringan

Ketua bidang: Gunawan Paggaru

Tugas dan fungsi utama adalah memberdayakan pemangku kepentingan BPI melalui program pembinaan anggota dan memfasilitasi hubungan para pemangku kepentingan dengan lembaga sertifikasi profesi.

Informasi dan komunikasi

Ketua bidang: Tya Subiakto

Menjaga persepsi positif perfilman Indonesia serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang BPI serta program-programnya, melalui pembangunan Pusat Informasi Perfilman Indonesia. Mengintegrasikan semua data perfilman yang ada secara berkala dan melakukan analisa data untuk kebutuhan pemangku kepentingan BPI.

Festival dalam negeri dan penghargaan

Ketua bidang: Leni Lolang

Merayakan dan memasyarakatkan film Indonesia dengan membangun infrastruktur festival dan penghargaan nasional yang berkesinambungan, melalui pembentukan institusi mandiri pelaksana festival film nasional serta koordinasi antar festival film di Indonesia.

Festival Internasional dan Diplomasi Luar Negeri

Ketua bidang: Dimas Jayasrana

Bidang ini menangani perihal terkait keterlibatan film dan pelaku perfilman Indonesia ke ajang festival luar negeri untuk berbagai kepentingan perfilman. Membangun serta mengelola jejaring internasional, sekaligus melakukan kerja diplomasi budaya dalam konteks perfilman.

Fasilitasi pembiayaan film

Ketua bidang: Agung Sentausa

Bidang ini bertanggungjawab pada pembentukan serta pengelolaan sistem pembiyaan film tertentu yang berkualitas baik dari berbagai aspek dan kepentingan. 

Apresiasi, literasi dan pengarsipan

Ketua bidang: Adrian Jonathan Pasaribu

Bidang ini menangani produksi dan distribusi pengetahuan untuk kepentingan pendidikan dan advokasi literasi film bagi masyarakat umum dan pelaku perfilman, yang terwujud melalui berbagai program seperti lokakarya kritik dan kajian film, diskusi, pengarsipan, penyusunan dan penerbitan literatur film, dan lain sebagainya.

Advokasi kebijakan

Ketua bidang: Alex Sihar

Mendorong pihak legislatif dan eksekutif negara dalam melahirkan kebijakan dan perbaikan kebijakan publik terkait bidang perfilman yang dapat mendorong berlangsungnya ekosistem perfilman yang sehat.