Kategori

BPI

Kepala Pusbangfilm; Maaf Atas Keteledoran Kami

12 Juli 2017
Oleh: Admin

Estimasi dibaca dalam 1 menit

Jakarta (4/07) - Rombongan Pusbangfilm yang terdiri dari Kepala Pusbangfilm, Bapak Maman Wijaya, Kabid Perizinan dan Pengendalian Film, M. Kholid Fathoni, LL M., Kasubbid Perizinan Perfilman Drs. Wellem Pongtuluran, M.Pd., Kasubbid Pengendalian Perfilman Dra. Lindia Chaerosti, Kabid Apresiasi dan Tenaga Perfilman M. Sanggupri, M.Hum, Kasubbid Pengarsipan Film Dra. Tiarma Rita Siregar berkunjung ke kantor BPI untuk silaturahmi sekaligus berdialog mengenai isu yang berkembang belakangan ini mengenai kelompok-kelompok yang mempertanyakan keabsahan BPI sebagai lembaga yang mewakili unsur-unsur perfilman Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Bapak Maman Wijaya menyampaikan permohonan maafnya atas keteledoran pihak Pusbangfilm yang menyebabkan isu tersebut berkembang. 

"Pihak Pusbangfilm tidak pernah ragu bahwa BPI adalah lembaga yang sah dan memiliki otoritas yang diakui oleh pemerintah untuk bersama pemerintah menjalankan amanat untuk mengembagkan perfilman Indonesia", ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Pusbangfilm mengadakan kegiatan semiloka yang membahas Naskah Akademik Apresiasi Film Indonesia (AFI) tanpa mengundang BPI untuk terlibat. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan serta rumor dari berbagai pihak tentang sikap Pusbangfilm terhadap peran BPI. 

"Ada pula pihak yang ingin menggoreng situasi tersebut untuk menjadi lebih besar dari semestinya. Tulisan-tulisan yang disebarkan melalui grup WA berisikan serangan kepada BPI ketimbang ajakan untuk berdiskusi", jelas Gunawan Paggaru selaku Ketua bidang Organisasi dan Jaringan.

"Pertemuan ini adalah usaha Pusbangfilm untuk menjernihkan persoalan sehingga tidak berkembang menjadi hal yang kontra produktif untuk kerja-kerja kita semua", lanjutnya.

Absennya BPI dalam daftar undangan program semiloka diakui sebagai keteledoran pihak Pusbangfilm dan Bapak Maman Wijaya berjanji akan memperbaiki sistem komunikasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.